A.Asal Penduduk Yastrib

Sebelum  Kedatangan Rasulullah saw  nama  daerah ini bukanlah Madinah  melainkan  Yastrib  jarak Yastrib dengan Makkah  kurang lebih 491,5 Km  yang hari ini di tempuh oleh kendaraan Bus kurang lebih 6-7 jam.

Yastrib  dihuni oleh 2 suku bangsa yaitu Bangsa Yahudi dan bangsa Arab [3] Asal usul bangsa yahudi ini adalah dari Syam  Karena kondisi politik yang ada di syam terutama di Suriah atau Syiria dan mesir di kuasai oleh Romawi  pada Abad ke 1 sebelum Masehi dan kemudian romawi menguasai mereka ( Yahudi ) dan Negara mereka Anbath di Abad ke 2 Masehi  yang pada akhirnya mendorong  Yahudi untuk Melakukan Eksodus ke semenanjung  Jazirah Arab puncak – puncaknya adalah  ketika usaha mereka untuk melawan Romawi mampu di gagalkan oleh kaisar Titus pada tahun 70 Masehi, dan pada tahun 132 – 135 M kembali mengalami kegagalan dalam melawan bangsa Romawi yang dipimpin oleh Kaisar Hardian mengalami kegagalan sebagian bangsa yahudi lalu  tinggal di Yastrib adabun bangsa yahudi terdiri dari beberapa Suku di antara nya ada Bani Nadhir ’, Bani Qhuraizoh , Bani Qainuqo’ , Bani Ikrimah , Bani Mahmar, Bani Za’uroh, Bani As-syatibah, Bani Jusysyam, Bani Bahdal , Bani Auf,Bani, Bani Muawiyah,Bani Marid, Bani Qashih , Bani Tsalabah dan kurang lebih ada 20 Bani-bani kecil  atau Suku yang merupakan suku-suku Yahudi [4].


Adapun Jumlah Populasi bangsa Yahudi di madinah tidak diketahui  secara pasti namun dari jumlah prajurit perang yang rata – rata adalah para pemuda yang cukup umur bani Qunaiqo’ memiliki pasukan kurang lebih 700 orang , Bani Nadhir 700 orang juga , bani Qhuroizoh 900 orang belum termasuk suku – suku kecil yang lainya.
Bangsa yahudi ini tinggal di daerah – daerah lereng – lereng Yastrib yang subur  dan merupakan sumber mata Air di sana mereka menggarap kebun – kebun [5]  terutama sebelah timur yastrib [6]

Sedangkan Bangsa Arab di yastrib dihuni oleh suku Aus dan Khazraj kedua suku itu juga merupakan suku pendatang di Makkah mereka adalah suku dari Yaman dan merupakan suku dari Kabilah ‘Adzi  yang menyebabkan mereka eksodus ke yastrib adalah jebolnya bendungan Ma’rib pada tahun 544 M jebonya bendungan itu mengakibatkan kondisi ekonomi dan politik mereka berantakan hal ini di abadikan dalam Al-Qur’an Suroh Saba’ : 15-17.
{لَقَدْ كَانَ لِسَبَإٍ فِي مَسْكَنِهِمْ آيَةٌ جَنَّتَانِ عَنْ يَمِينٍ وَشِمَالٍ كُلُوا مِنْ رِزْقِ رَبِّكُمْ وَاشْكُرُوا لَهُ بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَرَبٌّ غَفُورٌ (15) فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ (16) ذَلِكَ جَزَيْنَاهُمْ بِمَا كَفَرُوا وَهَلْ نُجَازِي إِلا الْكَفُورَ (17) }

 Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka Yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan yang Maha Pengampun".tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar ] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr Demikianlah Kami memberi Balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. dan Kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir.

Suku Aus menempati daerah Awali di lereng Gunung bertetangga dengan dengan Yahudi bani Quroidzhoh dan bani Nadhir sedangkan   suku Khazraj Menempati dataran rendah  bertetangga  dengan  bani Qainuqo’ .
Jumlah merekapun tidak diketahui  secara pasti namun mereka  menymbangkan 4000 Pasukan ketika  futuh Makkah ( 8 Hijriah )

b.Kondisi Sosial Politik dan Ekonomi 

Dengan datangnya suku Aus dan Khazraj dominasi kaum yahudi yang sebelumnya mampu mengusir suku Arab ‘amaliq kini berbalik arah dominasi mereka kalah dengan kedua suku itu sekalipun tidak bisa menguasai daerah – daerah yang subur yang di tempati oleh orang – orang yahudi.

Kondisi Sosial politik di yastrib tidaklah di pimpin oleh seorang pemimpin yang satu melainkan masing – masing suku memiliki pemimpin sendiri – sendiri  bangsa yahudi jika ada persoalan mereka akan merujuk pada Rahib – rahib mereka[7]  dan bangsa arab mereka masing –masing anak suku memiliki pemimpin yang di sebut seorang Syekh .

Karena tidak ada kepemimpinan yang menyeluruh hal ini berbeda sekali dengan apa yang ada di  Makkah  di Yastrib pun tidak ada  Darun Nadwah seperti di Makkah.

Disamping  itu suku – suku yahudi yang merasa bahwa hegemoni mereka mulai terancam dengan adanya suku Arab pendatang tidak melakukan konfrontasi atau perlawanan  kepada Aus dan Khazraj melainkan hanya melindungi Internal mereka dengan membangun Benteng – benteng   yang jumlahnya mencapai 59 Buah, benteng – benteng kaum Yahudi itu digunakan juga untuk menyimpan harta , buah – buahan dan semua barang berharga mereka  mereka memasuki benteng – benteng itu  di malam hari dan akan keluar di pagi hari.

Cara yang lain di gunakan oleh yahudi untuk mempertahankan eksistensi mereka adalah dengan menghasut orang – orang arab yaitu ke dua suku tersebut untuk berperang usaha mereka untuk menghasut kedua suku ini berhasil sehingga kedua senantiasa berperang , peperangan demi peperangan senantiasa di menangkan oleh suku Aus namun suatu ketika Suku Aus dapat dikalahkan oleh suku khazraj sehingga suku Aus mengadakan kesepakatan dengan Yahudi  Bani Nadhir dan Bani Qhuroizoh dan berhasil pada perang Buats , perang ini terjadi pada tahun 5 sebelum rasul Hijrah. Namun pada Akhirnya suku Aus menyadari bahwa dengan kesepakatan itu bisa mengembalikan  dominasi kaum Yahudi sehingga akhirnya mereka mulai mengadakan Perjanjian damai  bahkan mereka sepakat untuk mengangkat Abdullah Bin Ubay bin Sahul dari suku Khazraj untuk menjadi Raja  Yang akan menguasai Madinah agar bisa bersatu namun pada akhirnya hal ini tidak terjadi karena kedatangan Rasulullah ke Yastrib.

Sedangkan Kondisi Ekonomi di Yastrib kaum yahudi sangat berpengaruh terutama bagi Pertanian bangsa yahudi membawa berbagai macam Pohon dari syam dan system pertanian yang lebih baik , mereka menanam kurma secara berbaris dengan rapi  di kebun – kebun yang terletak dilereng – lereng Gunung dan di tengah –tengan barisan itu ada  di gali sungai – sungai kecil ataupun sumur – sumur guna untuk perairan , selain itu di yastrib aktifitas ekonomi lainya adalah pengolahan emas yang di lakukan oleh bani Qunaiqo’ , industry tekstil yang di lakukan oleh wanita – wanita dari suku – suku  yang ada di yastrib begitu juga industry perabotan rumah tangga dan Alat – alat pertanian dan pembuatan senjata.

Demikian juga Aktifitas perniagaan dikuasai oleh Yahudi mereka memiliki pasar  , pasar Al- Yasar milik bani Qunaiqo’ merupakan pasar yang paling lengkap untuk menyuplai kebutuhan orang – orang Yastrib , orang – orang yahudi juga menerapkan system Riba.

[1] Imam An – Nawawi mengatakan nama Yastrib di ambil dari kata Tastrib yang artinya Ejekan atau Celaan
[2] Pemerintah Saudi telah membangun jalan Aspal Halus ( Tol ) antara Makkah dan Madinah sesuai Rute yang di lalui rasulullah ketika Hijrah
[3] Bangsa arab yang pertama kali menghuni yastrib yaitu bangsa Arab ‘Amaliq yang pada akhirnya dikalahkan oleh bangsa Yahudi ( Dr.Hafiz Ahmad Ajjal Al-Karmi , Manajemen Politik dan Dakwah Rasulullah , Hal 60 , Penerbit PTI )
[4] Shahih siroh Dr.Dhiya’ Al-Umury . Bani yang kami Blog Merah itu terjadi silang pendapat ada yang mengatakan ia adalah Bangsa Arab yang Ikut atau masuk agama yahudi ada yang mengatakan mereka adalah Bangsa yahudi asli yang eksodus ke Yastrib bani yang di blog merah adalah menurut hemat kami bani bani kecil 227 dt
[5] Manajemen dakwah dan politik Rasul Hal 62 .
[6] Shohih siroh Dhiya’ Al-Umuri hal 228
7. mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. ( 9 : 31 )