1.  Dzatul salasil 

Jumadil Ula 7 H Pasca perang Mut’ah nampaklah sikap dari pada suku – suku arab di pinggiran Syam hal ini mendorong rasulullah untuk melakukan tindakan atas mereka yaitu memutus matarantai hubungan Arab Tersebut dengan romawi sekaligus agar mereka mau bergabung dengan madinah.

Sebab yang lain adalah Adanya permufakatan Jahat dari Bani Quda’ah yang menghimpun kekuatan untuk menyerang madinah.

Rasulullah mengutus Amr bin Ash ini melaksanakan rencana ini sebab neneknya  berasal dari Kabilah Bali, beliau Saw  menyerahkan panji berwarna Putih dan Hitam kepada Amr bin Ash serta menyertakan 300 pasukan kavaleri belaiu saw juga berpesan agar Amr bin Ash meminta bantuan dari kabilah Balya , Udzrah , dan Balqain Yang di lewati.
Amr bin Ash bergerak pada malam hari dan sembunyi pada siang Hari  saat amr bin ash dan pasukan sudah semakin dekat dengan musuh , di peroleh kabar jika musuh menghimpun pasukan dalam jumlah  yang besar.

Menyikapi itu Amr bin Ash mengutus Rafi’ Bin Makis Al Juhani untuk meminta tambahan pasukan kepada rasulullah, beliau saw meng ijabahi permintaan amr bin ash , beliau saw mengirim 200 pasukan  Tambahan yang di pimpin Oleh abu Ubaidah Bin  Jarah, 200 Pasukan tersebut terdiri dari suku Muhajir dan Anshor termasuk Abu Bakar dan Umar di dalam nya,

Saat sudah bergabung dengan pasukan Amr bin Ash  mereka hendak menunaikan sholat , Abu Ubaidah Maju sebagai Imam namun Amr bin Ash menolak “ engkau datang kepada ku sebagai bantuan , maka pemimpinan nya adalah aku “ Abu ubaidah menerima dan tidak menjadikan sebagai suatu permasalahan, Selain itu karena cuaca yang dingin Amr bin Ash berijtihad untuk bersuci  dari Hadast denngan Cara Tayamum, saat hal ini di laporkan kepada rasul saw  beliau membolehkanya.

Pasukan berjalan sepanjang malam sampai pada wilayah Quda’ah  di sana mereka   bertemu dengan pasukan musuh Pasukan muslimin menyerang mereka Hingga mereka Kocar – Kacir.

Amr bin Ash mengutus Auf bin Malik Al Asyja’i untuk mengabarkan kepada Rasulullah akan keselamatan kaum muslimin dan apa yang terjadi dalaM peperangan Ini
Dzatul Salasil / Sulasil adalah sebuah lembah di balik Wadi Quro’ jarak perjalanan dari madinah adalah 10 Hari perjalanan  Adapun Markas Kaum muslimin ada di sebuah mata Air  dekat Judzam  yang bernama Salasil oleh karena itu perang ini di sebut Dzatul Tsalasil .

2.Ekspedisi Militer Abu Qotadah ke Khadirah

Sya’ban 8 H , Latar belakang ekspedisi ini adalah Bani Ghatafan Menghimpun Pasukan di Khadirah , Najd . Nabi saw mengutus Abu Qotadah beserta 15 Orang mereka berhasil menewaskan Musuh , menawan , dan mendapatkan Ghanimah  perjalanan ini memakan waktu 15 Hari.