1.Nabi adam adalah Manusia yang diciptakan pertama Qs 2: 30 diturunkan kebumi ( di jazirah arab )  dan tidak mengalami evolusi sebagaimana pemahaman kaum materialistik Qs. 95 : 4  

2.Perbuatan Kriminal pertama terjadi oleh keturunan Nabi adam yaitu peristiwa Qobil & Habil, Qobil tidak menerima ketentuan Syariat, yaitu tidak boleh menikahi saudara kembar sendiri, harus silang. Kemudian keduanya menyelenggarakan upacara kurban. Allah menerima kurban Habil yang berupa domba yang sangat baik. Tetapi, Allah menolak kurban Qabil yang berupa hasil cocok tanam yang sangat jelek. Qabil iri dengan kejadian ini dan dia membunuh saudaranya. QS. 5: 27  


3. Setelah peristiwa pembunuhan itu, Allah mengaruniakan Syits kepadaAdam. Dia adalah salah seorang anakAdam dan sekaligus sebagai seorang Nabi yang terus melanjutkan dakwah di ialan Allah di muka bumi. Kemudian Allah memberikan keturunan lakiJaki dan wanita sehingga mereka menjadi banyak. Adam mengajarkan kepada mereka makna tauhid dan menyampaikan dakwah kepada mereka hingga dia meninggal dunia, Kemudian adam meninggal Dunia terkait umur nabi adam terjadi perbedaan pendapat apakah 950 th atau 1000 Tahun. 


4.Nabi Idris Dia adalah manusia pertama yang dituruni wahyu melalui Jibril as,  Ibnu Ishaq menyebutkan bahwa dia adalah orang pertama yang menulis dengan pena, dan ma-nusia pertama yang menjahit  baju dan memakainya. Sedangkan, manusia sebelumnya memakai pakaian dari kulit binatang. Dia juga adalah orang pertama yang mengerti masalah medis. Qs.21: 56-57 


5.Migrasi Pertama , Manusia jumlahnya semakin banyak di Iraq Kemudian mereka Hijrah, beberapa tujuan hijrah nya  : 

Ketimur Laut : Iraq kemudian sampai ke Asia dan Amerika  

Utara     : Ke Syam dan beberapa mereka mencapai Laut tengah  

Yaman       : yaitu Ke Yaman dan kemudian diantara mereka ke Afrika dan india  

Adapun peradaban pertama adalah peradaban Firaun dan Sumeria 

 

6. Di iraq Allah mengutus Nabi dan Rasul  yaitu Nabi Nuh , jarak Nabi Syith dan Nuh adalah 25 Abad, manusia pada saat itu berada dalam satu Aqidah yang Lurus  sampai kemudian ada penyimpangan di kalangan kaum Nabi Nuh ( Qs 2 : 213 )  


7.Berhala - berhala yang  pertama adalah Wud , SyuwaYauq dan Nasr , nabi Nuh berdakwah selama 950 th ( Qs, 29 : 11-12 )  


8.Terjadi banjir besar di zaman nabi Nuh dan kemudian manusia binasa kecuali yang ikut Bahtera Nabi Nuh ( 23 : 26 – 29 )  


9. Keturunan Nuh kemudian menyebar dan menjadi bangsa – bangsa sampai hari ini  

Suku Semitik: Keturunan Sam diyakini menjadi akar dari beberapa suku bangsa Semitik seperti Arab, Ibrani (Yahudi), dan Aram. 

Suku Hamitik: Keturunan Ham diyakini menjadi akar dari beberapa suku bangsa Hamitik seperti Mesir, Kanaan, Kus (Kusit), dan Kush (Kushit). 

Suku Yafetik: Keturunan Yafet diyakini menjadi akar dari beberapa suku bangsa Yafetik seperti Yunani, Romawi, Persia, dan Bangsa Slavia. 


10. Beberapa kelompok keturunan Nuh berdiam di Irak yang dikenal dengan lembah Syan'ar. Posisi mereka kemudian menjadi semakin kuat. Kelompok manusia ini kemudian dikenal dengan sebutan Sumeria dengan pekerjaan utama sebagai petani, Orang-orang Sumeria adalah kelompok terkuat di kawasan itu. Salah seorang raja yang paling terkenal dari mereka adalah Sarjun. Sedangkan, kota yang paling terkenal adalah Ur. Mereka adalah para penyembah berhala dan bintang-bintang. Mereka terus tenggelam dalam kegelapan dan kesesatan mereka. Maka, Allah mengutus Nabi-Nya yang bernama Ibrahim.