Perang Bani Lihyan

BaniLihyan adalah yang Pernah mengkhianati sepuluh shahabat dan membunuh mereka di Ar-Raji'. Karena tempat mereka yang masuk wilayah Hijaz dan berbatasan dengan Makkah, maka Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak berniat untuk memasuki wilayah itu, karena posisi tempat mereka yang berdekatan dengan musuh terbesar. Ini terjadi sebelum meletus peperangan antara kaum Muslimin dan Quraisy serta beberapa kabilah Arab lainnya. Tapi setelah mental dan semangat pasukan musuh merosot serta membiarkan situasi berjalan serba mengambang tanpa ada ujungnya, maka sudah tiba saatnya bagi beliau untuk melancarkan balasan terhadap BaniLihyan atas kematian para shahabat beliau di Ar-Raji'.

Pada bulan Rabi'ul-Awwal atau Jumadal-Ula 6 H. beliau pergi bersama dua ratus shahabat. Madinah diserahkan kepada Ibnu Ummi Maktum. Beliau membuat kamuflase, seakan-akan kepergian kali ini hendak menuju ke Syam agar mereka lengah. Perjalanan dipercepat hinngga tiba di Ghuran, suatu lembah yang terletak antara Amaj dan  Usfan.  Di  situlah  dulu para shahabat beliau dibunuh. Hati beliau merasa trenyuh atas  nasib mereka  lalu mendoakan mereka.

BaniLihyan yang mendengar kedatangan beliau dan pasukan muslimin, langsung melarikan diri ke puncak-puncak gunung. Tak seorang pun di antara mereka yang bisa terpegang Beliau menetap di perkampungan BaniLihyan selama dua hari Selama itu beliau mengutus beberapa orang untuk melakukan pengejaran, namun hasilnya nihil Lalu beliau pergi ke Usfan dan mengutus sepuluh orang penunggang kuda untuk pergi ke Kura'  AI-Ghamim  untuk  mencari informasi tentang keadaan orang-orang Quraisy Setelah itu beliau kembali lagi ke Madinah. Kepergian beliau ini selama empat belas hari.